Dec 19, 2012

Pendingin Hardware 'Mini', Seukuran Kartu Kredit


Perangkat pendingin yang kerap digunakan pada sebuah hardware umumnya berukuran lumayan besar. Belum lagi sistem pendingin yang diperuntukkan bagi sebuah prosesor, ukurannya rata-rata terbilang cukup memakan tempat.

Untungnya sistem pendingin yang digunakan pada perangkat mobile rata-rata telah berukuran tipis sehingga produk yang mengaplikasikannya pun memiliki bentuk yang ramping. Ujung-ujungnya perangkat tersebut jadi lebih nyaman untuk dibawa ke manapun.

Namun ternyata sistem pendingin yang telah berukuran tipis saat ini dirasa masih belum cukup karena baru-baru ini GE meluncurkan sistem pendingin berukuran ultra tipis yang hanya seukuran kartu kredit.

Sistem pendingin yang oleh GE dinamai DCJ (Dual Piezoelectric Cooling Jets) tersebut diklaim mampu meningkatkan proses pelepasan panas hingga 10 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan sistem pendingin konvensional yang ada sekarang.

Diharapkan dengan hadirnya sistem pendingin ultra tipis ini akan membawa perkembangan perangkat mobile seperti notebook maupun tablet untuk memiliki ukuran yang lebih langsing.

"Melihat roadmap notebook dan tablet yang sedang mengarah ke platform berukuran kurang dari 6 mm, memperlihatkan bahwa konsumer memang menginginkan perangkat yang berukuran lebih tipis lagi dibanding dari yang ada sekarang," ujar Chris Giovanniello, VP Microelectronics & Thermal Business Development GE Licensing.

No comments:

Post a Comment