Dec 12, 2012

#freeandopen, Internet Bebas dan Terbuka

Internet, mungkin dulu kita menggunakan internet sebagai fasilitas hiburan saja, namun saat ini internet sudah seperti menjadi kebutuhan manusia. Berapa jumlah orang setiap harinya yang saling terhubung satu sama lain, di tempat yang saling berjauhan, berbeda kota, beda negara, hingga berbeda benua? Mungkin tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Internet ini sendiri. Kekuatan internet saat ini hampir tidak dapat dipungkiri, internet dapat merubah dunia begitu cepat.

Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet dan berkembangnya internet serta fasilitasnya, pada tanggal 3 Desember 2012 kemarin, beberapa Pemerintah negara di dunia melakukan pertemuan tertutup guna membicarakan masalah filter dan sensor konten.



Pasalnya, dari pertemuan tersebut terjadi penolakan yang kuat atas kebebasan internet. Empat puluh dua negara memfilter dan menyensor konten. Hanya dalam dua tahun terakhir, berbagai pemerintah telah memberlakukan 19 undang-undang baru yang mengancam ekspresi kebebasan online.

Masa depan Internet seharusnya bukan hanya ditentukan oleh pemerintah. Miliaran orang di seluruh dunia yang menggunakan Internet, dan para ahli yang membangun dan memeliharanya, juga harus dilibatkan. Para pengguna, pakar, dan organisasi dari seluruh dunia telah menyuarakan penolakan mereka terhadap pemerintah yang mengatur Internet melalui ITU (Uni Telekomunikasi Internasional).
Gunakan akses internet dengan bijak dan suarakan dukungan kamu untuk internet yang bebas dan terbuka disini:

No comments:

Post a Comment