Dec 27, 2012

Instagram dan Ketentuan Baru

Setelah kemarin Instagram resmi pisah dari Twitter, kini Instagram mengeluarkan ketentuan baru, dan ketentuan baru ini sempat menimbulkan kekecewaan dari para penggunanya.


Berikut beberapa ketentuan baru dari Instagram tersebut:

1. Data pengguna dapat dan akan digunakan untuk iklan
2. Beberapa iklan tidak ditunjukkan dengan jelas
3. Instagram dapat menggunakan foto pengguna tanpa izin terlebih dahulu
4. Materi foto yang diunggah menjadi tanggung jawab pengguna
5. Pengguna harus mem-backup foto karena Instagram tak menjamin foto itu akan selalu tersimpan

Ketentuan baru tersebut dapat dibaca disini.





Namun, keluarnya berita mengenai ketentuan baru Instagram ini menuai protes dari para pengguna Instagram. Mereka meminta kepada pihak Instagram untuk menarik kembali ketentuan tersebut dan menggunakan ketentuan yang lama.


Mengenai hal tersebut, pendiri sekaligus CEO Instagram, Kevin Systrom berkilah pihaknya melakukan kesalahan dalam penggunaan bahasa yang disusun dalam kebijakan tersebut.
“Kami tidak berniat menjual foto Anda. Kami akui bahwa kami gagal mengkomunikasikan niat kami secara jelas. Saya minta maaf akan hal itu dan saya akan fokus untuk memperbaikinya,” tulis Systrom lewat blog-nya yang dilansir Cnet, Jumat (21/12/2012).
Lewat klarifikasinya ini, Systrom menjamin, Instagram akan kembali pada peraturan lamanya ketika aplikasi ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2010.
“Kami akan ‘menghapus’ kalimat yang menyebutkan bahwa kami akan menjual foto pengguna dan menggunakannya untuk kepentingan iklan. Ini memang kesalahan kami karena penggunaan bahasanya membingungkan,” tambah Systrom.

Source Image: Google Images

No comments:

Post a Comment